Kamis, 07 Oktober 2010

Tugas Dua

1.   Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnza aktivitas   ekonomi ?

a)     Penduduk
Jumlah penduduk  biasanya  dikaitkan dengan pertumbuhan income per capita suatu negara, zang mencerminkan perekonomian negara tersebut mempunyai unsure penting dalam aktivitas ekonomi, dan dalam usaha membuangun suatu perekonomian.
b)    Adanya ketidakseimbangan
Kurangnya lapangan kerja yang sering menjadi pokok permasalahan yang disatu sisi, pertumbuhan ekonomi yang pesat sudah sangat memerlukan tenaga kerja yang mengelolanya.
c)     Kewiraswastaan
Yaitu kemempuan seta kemauan seseorang untuk membuka peluang usaha, zang beresiko menginvestasikan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan atau yang lainnya, dan menjadikan aktivitas ekonomi.


2.   Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial ? jelaskan!

a)     Perusahaan
dalam pendiriannya mereka berorientasi pada profit artinya, perusahaan didirikan untuk menghasilkan laba
b)    Lembaga sosial
lembaga sosial,berorientasi non profit, tidak bertujuan untuk mendaptkan laba. Misalnya, seperti lembaga swadaya masyarakt (LSM), YLKI. Dll

3.   Apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan ? jelaskan!

     Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.
Dengan semakin tajamnya persaingan yang saat ini bermunculan, disamping waktu harus berpacu,juga efisiensi di bidang biaya perlu mendapat perhatian. Letak perusahaan di pengaruhi oleh faktor penting sebagai penunjang yang erat keterkaitannya dengan biaya yaitu, tenaga kerja, ketersediaan modal, transportasi, kedekatan pasar, kesesuaian iklim.
Sedangkan tempat atau kedudukan perusahaan pada umumnya di pengaruhi faktor kelancaran dalam berhubungan dengan lembaga pemerintah, keuangan, pelanggan dan yang lainnya.

4.   Tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha? 
Jelaskan dengan contoh!

      Lingkungan eksternal mempunyai baik unsur-unsur yang berpengaruh langsung (ekstern mikro) dan yang berpengaruh tidak langsung (ekstern makro). Lingkungan ekstren mikro terdiri dari para pesaing, penyedia, langganan, lembaga-lembaga keuangan, pasar tenaga kerja dan perwakilan-pewakilan pemerintah.
Unsur-unsur lingkungan ekstern makro mencakup teknologi, ekonomi, politik dan sosial yang mempengaruhi iklim dimana organisasi beroperasi dan mempunyai potensi menjadi kekuatan-kekuatan sebagai lingkungan ekstern mikro.
Sebagai contoh lingkungan eksternal makro, teknologi komputer pada saat sekarang ini membuat mungkin perolehan, penyimpanan dan pemindahan informasi dalam jumlah yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar