Kamis, 18 November 2010

seminar ekonomi syariah gundar


Saya ingn menceritakan tentang seminar saya yang kedua yang diselenggarakan,
Hari/tanggal                 : Minggu, 7 November 2010
Waktu                           : 09.30 - 14.30
Tempat                          : Kampus E Gunadarma kelapa dua depok
Tema seminar               :  aktualisasi syariah perdana 2010/2011 (get sertivicate)

            Seminar saya kali ini tentang aktualisasi syariah perdana, pengenalan dasar tentang ekonomi syariah itu apa dan seperti apa. Pada acara seminar tersebut saya di beri kesempatan untuk mengetahui apa si ekonomi syariah itu, jika kita mendengar kata ekonomi syariah sepintas di benak kita adalah ekonomi yang berunsur islam yang berisi tentang zakat, sadaqah, dan lain sebagainya.
Ekonomi syariah itu endiri adalah ekonomi yang diilhami oleh nilai-nilai islam. System ini berbeda dari yang lainnya. Bedanya dengan ekonomi konvensional adalah ekonomi konvensional sebagaimana kita tahu ekonomi tersebut mengedepankan bunga, sedangkan syariah lebih kepada system bagi hasil zang berbeda juga dengan system komunis, kapitalis, sosialis bukan berarti syariah berada di ketiganya.
            Ibaratnya jika menabung di bank konvensional kita memperkaya orang lain dan di satu sisi sebenarnya tanpa sadar kita mengalami ketidak adilan disini. Nah bila di bank syariah kita akan mendapatkan keadilan secara merata, tidak ada yang dirugikan, serta menabung sesuai dengan kaidah agama islam.
Ini adalah dasar dari ekonomi syariah:
  • lmu sosial yang mempelajari masalah ekonomi masyarakat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam. (Mannan)
  • Suatu upaya yang sistematik untuk memahami masalah ekonomi dan perilaku masyarakat, dalam perspektif Islam. (Khurshid Ahmad)
  • Tanggapan para pemikir muslim atas berbagai tantangan ekonomi. Dalam hal ini didasarkan pada Qur’an dan Sunnah disamping alasan dan pengalaman. (Nejatullah Siddiqi)
  • Suatu ilmu dan penerapan hukum syariah yang melindungi ketidakadilan dalam kaitan dengan upaya pencapaian kesejahteraan manusia dan pelaksanaan ibadah kepada Allah. (Hasanuz Zaman)
  • Sebuah cabang pengetahuan yang membantu merealisasikan kesejahteraan manusia melalui suatu alokasi dan distribusi sumber daya-sumber daya langka yang seirama dengan maqasid, tanpa mengekang kebebasan individu, menciptakan ketidakseimbangan makroekonomi dan ekologi yang berkepanjangan, ataupun melemahkan solidaritas keluarga dan sosial serta jaringan moral masyarakat. (Umer Chapra)
Di seminar tersebut juga banyak Tanya jawab yang cukup menarik, bahkan ada juga sesi dimana siapa yang dapat menjelaskan inti dari apa yang dijelaskan di seminar di depan akan mendapatkan buku tentang ekonomi syariah yang bagus dan lengkap. Acara kembali akan  di adakan sebulan sekali di mesjid kampus E.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

keren juga..
hehe

RinaRismawati mengatakan...

hehehe,, makasih qillah

Posting Komentar