Selasa, 20 Desember 2011

Olahraga kecil di saat seharian di depan computer


 Berkutat Seharian di depan komputer biasanya bikin tangan dan pinggang kita pegal. Buat melemaskannya lagi kita harus melakukan peregangan. Mudah banget kok, hanya butuh waktu 5 menit aja.
1.  Peregangan otot
·         Tekuk siku dan angkat hingga sejajar pundak. Pertemukan kedua telapak tangan dan tekan telapak tangan secara bergantian. Mulai dari kiri kemudian ke kanan.
·         Luruskan tangan kiri ke depan sejajar pundak dengan telapak mengarah ke luar. Tarik telapak tangan kiri denagn tangan kanan kea rah dalam. Lakukan yang sama untuk telapak tangan kanan kita.
·         Sementara pinggang yang pegal bias kita atasi dengan duduk tegak di kursi dan letakkan di samping pinggul kana dan kiri. Putar badan kea rah kanan dan tahan beberapa detik. Lakukan juga ke sisi sebelah kiri.

2.  Mengencangkan paha dan pingggul
Latih kaki kita biarkencang dan enggak cepat kesemutan. Caranya:
·         Duduk tegak di  kursi kerja dan tahan perut kita ke dalam. Luruskan kaki kiri hingga sejajar pinggul lalu tahan selama 3detik. Ulangi gerakan ini pada kaki kanan kita.
·         Tetap duduk di kursi lalu angkat kaki beberapa senti dari lantai, dan tahan selama 3 detik. Letakkan kaki kembali ke lantai dan lakukan yang sama pada kaki kanan kita.
·         Untuk melatih pinggul, duduk tegak lalu letakkan buku yang tebal atau sebotol air mineral di antara paha, dan tahan perut kita. Tekan botol dengan kedua kaki ke arah dalam perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali.

3.  Mengencangkan betis
Jika sering mengalami kram pada betis dan telapak kaki, latih otot betisdengan gerakan berikut:
·         Berdiri tegak di samping kursi. Letakkan tangn di pinggang lalu angkat salah satu kaki kea rah luar. Tahan selama 3 detik, ulangi pada kaki yang satunya lagi. Bila keseimbangan tubuh kurang baik, kita bias gunakan sandaran kursi sebagai pegangan.
·         Tetaplah berdiri tapi kali ini tarik sedikit otot perut kita. Lalu angkat kaki kiri ke atas sampai sejajar dengan pinggul. Kalau sulit, cukup angkat sejajar lutut saja. Tahan selama 3 detik, dan lakukan gerakan yang samapada kaki kanan.

4.  Mengencangkan lengan atas dan bawah
Biar tetap kencang dan kuat, kita harus rutin latihan beban. Kita hanya butuh buku yang tebal atau sebotol air mineral 1.500 ml.
·         Lakukan overhead press. Caranya pegang buku tebal atau sebotol air di tangan kanan, lalu angkat kebelakan kepala, siku di tekuk. Angkat tangan ke atas perlahan-lahan. Lakukan sebanyak delapan kali. Lakukan juga gerakan yang sam pada tangan kiri.
·         Untuk melatih otot biseps, duduk yang tegak sambil menahan perut kita. Genggam buku dengan tangan kanan, lalu angkat sampai sejajar dengan pundak. Ulangi sebanyak delapan kali dan lakukan gerakan yang sama pada tangan kiri. Mungkin awalnya agak pegal tapi lama-lama kita akan terbiasa.

5.  Memperindah perut
Selain enggak indah di pandang, perut bergelambir bikin celana atau rok jadi tambah sempit. So, latih perut kita biat tambah oke! Begini gerakannya:
·         Duduk di ujung kursi dengan kedua tangan terulur ke depan. Tegakkan punggung, tahan perut, perlahan-lahan regangkan tangan ke depan, sampai punggung agak melengkung. Tahan 3-4 detik sampai terasa kontraksi di otot bagian atas. Ulamngi beberapa kali.
·         Duduk yang tegak kemudian rapatkan kedua kaki.silangkan tangan di depan dada, tahan perut lalu bungkukan badan kea rah paha. Tarik perut kea rah dalam, tahan 3 detik dan ulangi lagi.


Sumber: CitaCinta Edisi 2006

0 komentar:

Posting Komentar